UPDATE real count pilpres KPU Pada Pemilu tahun 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan penghitungan suara secara real count mengenai hasil pemilihan presiden 2019. Informasi dari website KPU, hingga sekarang Selasa (15/5), baru masuk 83,72%

Dari penghitungan suara sementara tersebut, pasangan capres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendapatkan suara 56,22% dari total suara yang masuk.

Sementara pasangan capres nomor urut 02 yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh suara 43,78% dari total suara yang masuk.

Situs pengawasan pemilu independen, yaitu kawalpemilu.org ikut  serta melakukan penghitungan suara melalui form C1 yang dikumpulkan oleh para relawan dari setiap TPS yang ada di seluruh Indonesia.

Kawal Pemilu bukan hanya kali ini saja melakukan penghitungan form C1 pleno. Pada  waktu Pemilu 2014 lalu, bahkan hasil hitung Kawal Pemilu hanya selisih 0,14 persen dengan hasil real count KPU.

Kawal Pemilu adalah salah satu proyek urun daya (crowdsourcing) netizen pro data Indonesia yang didirikan pada tahun 2014 untuk fokus menjaga suara rakyat di Pemilihan Umum melalui penggunaan teknologi dan melakukan real count secara cepat dan akurat.

Pada Pemilu tahun 2019, KawalPemilu.org merupakan mitra dari Netgrit (Network for Democracy and Electoral Integrity) dalam gerakan KawalPemilu – Jaga Suara 2019. Kemitraan ini resmi yang terakreditasi oleh Bawalsu RI. Selain dari kemitraan ini, situs KawalPemilu.org tidak terafiliasi dengan pihak manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *